Mengenang Sejarah Madiun, Inda Raya Ziarah Ke Makam Kiai Ageng Reksogati

Madiun - Inda Raya Ayu Miko Saputri, Mantan Wakil Walikota Madiun melakukan Ziarah dan tabur bunga di Makam Kiai Ageng Reksogati. Berlokasi di Desa Sidomulyo, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun. Senin (22/7/2024) sore.

Dalam kesempatan tersebut, Inda Raya dampingi oleh suami, R. Bagus Adhitama. Selain itu turut hadir juga mendampingi, salah seorang Sentono Dalem (kerabat) Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Kanjeng Pangeran (KP) Hari Andri Winarso Wartonagoro, dan sejumlah Abdi Dalem Kraton Surakarta dari Wilayah Kota/Kab. Madiun untuk mengikuti prosesi ziarah tersebut.

Kiai Ageng Reksogati merupakan seorang tokoh ulama yang diutus oleh kesultanan Demak, R. Adipati Unus, untuk menyebarkan agama islam dan juga sebagai wakil sultan Demak di wilayah Purabaya pada 1518 - 1568 Masehi, yang merupakan cikal bakal madiun saat ini.

Dalam misinya, Kiai Ageng Reksogati, mendirikan sebuah pondok di wilayah Karang Pradesan, yang sekarang disebut Sogaten. Merujuk dari sebutan tempat tinggalnya Kiai Ageng Reksogati.

"Kegiatan ziarah ke makam Kiai Ageng Reksogati ini adalah dalam rangka mengenang, menghormati beliau sebagai leluhur, dan tokoh cikal bakal madiun," jelas Inda Raya, usai prosesi Ziarah dan tabur bunga.

Lebih lanjut disampaikannya, bahwa ziarah ke makam Kiai Reksogati tersebut tidak ada sangkut pautnya dengan pilkada, atau untuk tujuan politik.

"Ini kan di luar wilayah Kota Madiun, jadi kita kesini tak ada maksud - maksud untuk tujuan politik, ziarah ini untuk mengenang dan menghormati leluhur, serta nguri - uri tradisi," terang Inda Raya.

Hal senada juga disampaikan Kanjeng Pangeran (KP) Hari Andri Winarso Wartonagoro, bahwa maksud dan tujuan Kanjeng Inda (Inda Raya) adalah untuk mengenang dan menghormati leluhur yang memimpin madiun di masa lalu, hal ini dilakukan tanpa tendensi politik apapun.

Sebagai informasi, Inda Raya telah menerima gelar kebangsawanan "Kanjeng Mas Ayu Tumenggung (KMAT)" dari Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat pada bulan November 2023 yang lalu. Penganugerahan gelar tersebut pun diserahkan langsung oleh Raja Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, SISKS. Pakoe Boewono (PB) XIII, dan didampingi Prameswari Dalem GKR. Pakoe Boewono.

"Ini merupakan penghormatan, penghormatan pribadi seorang Inda Raya kepada leluhurnya, juga karena panggilan hati dan komitmen sebagai Abdi Dalem Kraton Surakarta untuk turut melestarikan tradisi, budaya, dan sejarah," jelas Kanjeng Andri.

Kanjeng Pangeran (KP) Hari Andri Winarso Wartonagoro.

Ditempat yang sama, DRS. Setiyo Margono, Kepala Desa Sidomulyo, mengucapkan terima kasih atas kedatangan Ibu Inda Raya, Mantan Wakil Walikota Madiun.

"Terima kasih, kedatangan Ibu Inda Raya bisa memberi semangat kepada warga disini, untuk terus merawat makam Eyang Reksogati," ucapnya.

Dijelaskannya, bahwa Eyang Reksogati merupakan seorang Ulama yang ditugaskan oleh sultan Demak untuk menyebarkan Agama Islam di Wilayah ini.

"Beliau merupakan tokoh yang diutus oleh Sultan Demak, yang juga sebagai cikal bakal pendiri Kadipaten Purabaya yang saat ini menjadi madiun," pungkasnya.(Nur)

0/Post a Comment/Comments

📊 Dibaca :